cara merawat vacuum cleaner 300x224 Merawat Vacuum CleanerVacuum cleaner membuat kegiatan membersihkan interior mobil utamanya menjadi lebih mudah dan praktis, tentunya dapat dengan mudah membersihkan bagian jok, karpet, dashboard dan sela-sela bagian interior mobil. Sistem kerja dari alat ini yaitu untuk menghisap debu. Untuk menjaga alat penghisap debu ini tetap bekerja dengan baik, dibutuhkan penggunaan dan perawatan yang benar. Mari kita simak cara merawat vacuum cleaner berikut ini:

Jenis Vacuum Cleaner

Ada 2 jenis vacuum cleaner, yaitu jenis Dry dan Wet & Dry. Pada jenis Dry hanya dapat digunakan untuk membersihkan debu dia area yang kering saja, sedangkan jenis Wet & Dry dapat digunakan untuk debu di area yang kering ataupun basah. Sebaiknya vacuum cleaner jangan digunakan untuk menyedot partikel yang berukuran besar, karena dapat menyumbat selang alat penghisap debu sehingga menyebabkan mesin menjadi panas serta bersuara kasar.

Cara Merawat Vacuum Cleaner Agar Awet

Penggunaan yang sering harus diimbangi dengan perawatan rutin. Sebelum memulai perawatan, cek apakah kabel masih tersambung dengan listrik. Periksa kantong penampungan vacuum cleaner dan buang debu dan kotoran apakah sudah penuh, jika 1/3 kantong sudah terisi kotoran sebaiknya segera dibuang. Karena, saat digunakan udara akan melewati debu tersebut. Kantong yang penuh, akan membuat mesin vacuum untuk bekerja lebih keras. Pastikan pula peralatan tersebut disimpan di tempat yang kering.

Bagian vacuum cleaner lainnya yang perlu dibersihkan juga secara rutin, yaitu bagian yang terdapat sikat. Bersihkan bagian ini dari kotoran yang tersangkut.

Bagian yang tak kalah penting yaitu filter dan selang. Jika filter pada vacuum cleaner terbuat dari busa, plastik atau kain kita dapat mencucinya hingga bersih, namun diperlukan kehati-hatian agar tidak ada bagian yang robek. Bila filter penghisap debu terbuat dari kertas, cukup bersihkan dengan tangan hingga semua kotoran berjatuhan.

Vacuum cleaner akan bekerja secara maksimal bila kita selalu memperhatikan perawatan beberapa komponen penting tersebut. Selain bekerja maksimal tentunya akan menambah ke-awetan dari alat penghisap debu ini.

Hal yang perlu diperhatikan

-Perhatikan ketika menghisap air, jika pada waktu pemakaian tangki penuh pemakaian harus segera dihentikan dan dibuang airnya, karena jika air tidak dibuang dapat menyebabkan mesin terbakar.

-Pemakaian mesin yang aman adalah setelah dipakai non stop 1 jam, mesin diistirahatkan 10 menit baru kemudian dipakai lagi sesuai kebutuhan.

-Untuk pemakaian vacuum di area basah ( wet ), lepaskan filter debu terlebih dahulu sebelum digunakan.

-Simpan seluruh peralatan di tempat kering.

-Bersihkan water bell, motor block, container, tongkat penghisap, dan pipa penghisap.

-Bersihkan selang vacuum kemudian gulung dengan rapi.

-Untuk pemakaian pada area kering ( dry ) atau untuk debu, kantong filter harus dipasang, apabila filter sudah kotor segera bersihkan.

pf button both Merawat Vacuum Cleaner