× Menu

Mengisi Tekanan Ban Dengan Angin Nitrogen Atau Kompresor

22 March 2018 | by : IKAMEKU

Mengisi Tekanan Ban Dengan Angin Nitrogen Atau Kompresor

Jaman sekarang banyak sekali di stasiun pengisin bahan bakar, kita jumpai pengisian angin ban dengan nitrogen, pasalnya menurut kabar yang beredar mengisi angin ban dengan nitrogen itu sangat bermanfaat sekali bagi kondisi ban, selain ban awet nitrogen juga mampu membuat kecepatan motor menjadi bertambah, tutur warga yang sering ngisi ban dengan nitrogen. Ada lagi yang jawab biar handling lebih enak dan lebih empuk. Info : Hidrolik Motor

Screenshot 2 226x300 Mengisi Tekanan Ban Dengan Angin Nitrogen Atau Kompresor

Sekarang saya jelaskan dulu, perbedaan angin nitrogen dengan angin biasa. Angin nitrogen itu kandungan gasnya tergolong masih murni dan tidak mengandung air, sedang kan angin biasa itu masih mengandung air, kalau di prosentase kandungan air pada angin biasa mencapaai 21%. Sehingga ketika melakukan pengisian ban dengan angin biasa ban terasa berat, beda dengan pengisian dengan nitrogen, ban terasa leebih ringan, dan laju kendaraan juga makin enteng.

Pada waktu itu juga sempat heboh berita tentang pengisian nitrogen dengan bantuan kompresor angin, menurut kabar yang beredar salah seorang yang ingin mengisi angin ban dengan nitrogen menmukan kejanggalan. Karena pas di selidiki ketika mengisi angin ban dengan nitrogen terdengar suara kompresor. Karena menurut dia, pengisian angin nitrogen tidak membutuhkan kompresor karena dia memiliki tekanan mencapai 2000 psig. Sehingga tidak memerlukan kompresor untuk mengisi ban yang hanya memilik tekanan 35 psig. Maka dari itu, dari permasalahan yang saya paparkan tadi, apa benar nitrogen itu harus membutuhkan kompresor ? atau tidak sama sekali. Setelah di cari-cari melalui berbagai sumber, ternyata dalam pengisian angin nitrogen itu diperlukan kompresor. Karena kompresor ini berfungsi untuk membantu mendorong dan menempatkan udara. Jadi kompresor itu bukan untuk mengisi angin biasa, karena nanti angin yang dari kompresor akan divakum di nitrogen generator yang nantinya angin yang dari kompresor itu diolah supaya angin yang dihasilkan dari nitrogen generator tidak mengandung air. Jadi sebenarnya angin nitrogen juga berasal dari angin biasa, cuma harus diolah dulu dengan teknologi nitrogen generator.

Kelebihan mengisi ban dengan angin nitrogen :

–          Ban lebih awet dan tahan lama

–          Daya cengkram ban di aspal lebih kuat

–          Hemat BBM, karena laju kendaraan lebih ringan

–          Ban tidak mudah meledak karena suhu yang ditimbulkan dari gesekan dengan aspal

Dari kesimpulan tadi, bisa kita ambil keputusan bahwa mengisi angin dengan nitrogen lebih banyak manfaatnya. Tapi semua terseah anda, karena kita bisa tahu sendiri mengisi ban dengan angin nitrogen itu lebih mahal daripada mengisi ban dengan angin biasa. Tapi yang perlu diingat lagi bagi anda yang ingin mengisi angin ban dengan nitrogen, usahakan angin yang dalam ban dibuang dulu jika sebelumnya masih menggunakan angin biasa, baru diisi dengan angin nitrogen.

 

 

Silahkan tulis komentar anda !

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami siap melayani anda :
Setiap hari 09:00 - 17:00 WIB ( kecuali hari minggu & libur nasional )
marketing@istanacarwash.com
0813-1638-8363
(021) 849-020-82

Top

alatcucianmobiljakarta.com Pusat Alat Cuci Mobil Jakarta, Penjualan Hidrolik Cuci Mobil dan Motor di Jawa, Sulawesi, Pontianak, Lampung, Palembang, Pekan baru, Bengkulu, Jambi, Riau, Padang, Medan, Aceh, dan Wilayah sumatera lainnya