Pantangan Yang Seharusnya Jangan Dilakukan Saat Mencuci Motor

Akhir tahun merupakan musim penghujan apa lagi untuk wilayah kota besar seperti di Jakarta. Banyak kendaraan yang pastinya sering terlihat kotor, sehingga urusan mencuci motor bisa 2 kali dalam sehari Karena kebanyakan orang mungkin sibuk untuk mengurus motor mereka. Jalan satu-satunya mereka harus membawa motor mereka di tempat cucian motor.

cuci motor 300x227 Pantangan Yang Seharusnya Jangan Dilakukan Saat Mencuci Motor

Tapi bagi sebagian orang ada juga yang berpikir, daripada dibawa di tempat cucian motor, masih mending dicuci sendiri, tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Memang itu merupakan solusi yang baik dan pastinya bias menghemat kantong anda. Tapi dalam hal ini  baik mencuci motor sendiri atau dicuci ditempat cuci motor, anda harus memperhatikan beberapa hal yang bisa menjadi pantangan bagi motor kesayangan anda. Untuk lebih jelasnya saya ungkap beberapa pantangan berikut ini :

  • Jangan gunakan semprotan yang bertekanan tinggi

Bagi anda yang sering mencuci motor di tempat cucian motor langganan anda, anda harus mengerti dan memberi tau jasa cuci motor anda, ketika mencuci motor tekanan air seharusnya jangan terlalu tinggi, kenapa? Itu bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen motor anda, terutama di bagian kelistrikan. Karena sebagain jasa cuci motor mungkin tidak memperhatikan ini, asal mereka menerima order, cucian bersih tapi tidak memperhatikan dari komponen motor tersebut. Ini memang terlihat sepele, tapi ini hal yang krusial bagi motor kesayangan anda.

  • Jangan arahkan semprotan air ke dalam saluran udara

Ketika mencuci motor, sering kali kita atau jasa cuci motor ditempat lain menyemprot di bagian ini. Okelah, kebanyakan gak bermsalah bagi semua orang. Tapi sering kali dijumpai jika menyemprot bagian itu, bisa mengakibatkan mesin tidak bisa dinyalakan. Apalagi motor yang masih memakai karburator, jika kondisi karbu terawatt oleh sang pemilik motor itu tak jadi masalah. Tapi jika tak terawatt. Itu bisa jadi masalah, motor anda menjadi tersendat-sendat. Gak mungkin juga bagi anda, ketika dalam perjalan motor anda mengalami kejadian seperti itu. Maka pentingnya mencuci motor di bagian yang menurut anda aman, tidak mengganggu performa motor kesayangan anda.

  • Jangan gunakan kain yang kasar untuk mencuci body motor anda.

Untuk sebagian orang yang mencuci motor sendiri, karena terbatasnya alat dan bahan sering kali mencuci motor dengana apa adanya. Itu memang cara yang kreatif, daripada gak ada sama sekali. Tapi ada hal yang harus diperhatikan, walopun anda mencuci motor dengan alat dan bahan seadanya. Contoh kecil, ketika anda mencuci motor menggunakan kain, usahakan kain yang anda pakai, kain yang halus, jangan terlalu kasar. Kecuali untuk membersihkan bagian motor anda seperti mesin, kerangka, ban. itu masih bisa dimaklumi, tapi jika anda menggunakan kain kasar untuk body motor anda apalagi body motor anda menggunakan cat jenis doff. Itu bisa membuat rusak body motor anda, jika tidak hati-hati , yang ada body motor anda seperti tergores. Maka dari itu, gunakan kain yang benar-benar cocok untuk motor anda ketika akan mencuci.

 

Itu beberapa pantangan yang kiranya harus anda hindari, ya lebih tepatnya harus anda perhatikan. Jangan salah ambil keputusan, sehingga bisa mengakibatkan motor kesayangan anda tidak sebagus seperti pertama kali anda beli. Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang harus diperhatikan dalam mencuci motor, tapi hal yang saya jelaskan cukup mewakili supaya anda bisa lebih hati-hati ketika mencuci motor, baik dicuci sendiri atau dicuci di tempat jasa cuci motor.

 

Terima kasih, sudah mampir ke web kami. sukses selalu bagi anda semua.

 

pf button both Pantangan Yang Seharusnya Jangan Dilakukan Saat Mencuci Motor