Pemeliharaan Bisnis Usaha Cuci Mobil Agar Profit Maksimal

Sebagai operator cuci mobil bahkan sebagai pemilik usaha cuci mobil, Anda pasti mempunyai daftar yang memberi tahu anda bagaimana para pemimpin industri mengatur langkah – langkah selanjutnya untuk kelangsungan bisnis mereka? Oleh sebab itu saya akan jelaskan empat macam filosofi dan yang membantu anda untuk menghindari resiko bangkrut dan meningkatkan omset anda.

ikame net pemeliharaan bisnis cuci mobil Pemeliharaan Bisnis Usaha Cuci Mobil Agar Profit Maksimal

Empat Filosofi Bisnis :

 

  1. Perlakukan Pemeliharaan Sebagai Sebuah Investasi, Bukan Biaya / Pengeluaran

Jika Anda memperlakukan pemeliharaan sebagai biaya, karyawan Anda secara naluri akan mnganggap enteng usaha untuk pemeliharaan bisnis anda. Ketika tim Anda memahami bahwa investasi memiliki hasil, mereka akan merasakan lebih sedikit tekanan untuk berhemat dalam pemeliharaan. Maka pertimbangkan hal berikut ini :

Ketika pemeliharaan dipandang sebagai pengeluaran, para pelaku bisnis bisa berpikir: “Kami akan memiliki dua orang yang menghabiskan 30 menit untuk mempertahankan peralatan yang dimiliki. Jika kami bisa melakukannya lebih cepat, kami akan memotong biaya. ”

Ketika pemeliharaan dipandang sebagai investasi, para pelaku bisnis bisa berpikir: “Kami akan memiliki dua orang yang menghabiskan 30 menit untuk mempertahankan peralatan yang dimiliki. Mari kita lihat berapa banyak yang bisa kita lakukan untuk memperpanjang umur peralatan tersebut. Jika hal ini membutuhkan perhatian ekstra, kami akan meningkatkan keuntungan dengan segera mengatasinya dan mengurangi risiko bangkrut dengan melakukan perbaikan secara menyeluruh. ”

Apakah Anda bakal memarahi atau memberi penghargaan kepada karyawan yang selalu bekerja sedikit lebih lama untuk mengatasi masalah dalam pekerjaan ? Reaksi Anda merupakan standar dalam mengurus suatu hal yang ingin serba cepat dan dengan cara yang benar

2. Lebih Dari Sebuah Daftar Pemeriksaan

Selain daftar alat/barang yang harus diperiksa sebagai perawatan harian, mingguan, dan bulanan, sudahkah Anda menyusunnya dengan cara optimal untuk mengurus barang-barang itu? Jika tidak, tiga hal buruk bisa saja terjadi, diantaranya :

  • Merasa tidak harus semuanya benar – benar diperiksa.
  • Menyelesaikan daftar alat yang harus diperiksa membutuhkan waktu lebih lama dari yang dibutuhkan.
  • Usaha Anda untuk melakukan perawatan dengan benar akan bermasalah.

Untuk merencanakan perawatan yang efektif, cobalah menyusun urutan yang berbeda untuk memeriksa peralatan Anda dan mulai menentukan yang terbaik untuk Anda. Ke arah mana Anda berjalan setelah memlai aktifitas di pagi hari? Agar apa lampu dan peralatan dihidupkan? Berapa banyak pass yang dilakukan melalui ruang belakang? Pada titik apa Anda mulai memeriksa kompresor, dan apakah Anda memeriksa hanya secara visual atau apakah Anda juga mendengarkan suara yang benar atau ada suara yang bermasalah ? Berapa banyak mobil client yang harus diperbaiki ?

Memiliki pesanan khusus untuk rutinitas perawatan Anda – dan memiliki harapan dan standar yang tinggi – memastikan bahwa Anda akan memiliki perawatan yang menyeluruh, konsisten, efektif dan efisien

3. Ketahui an Teliti Biaya Pengeluaran Anda

Berapa omset yang hilang jika peralatan anda mulai tidak bekerja dengan baik ? Berapa biaya peralatan atau kerusakan kendaraan jika rantai konveyor yang menua, motor konveyor, selang, nosel, atau bagian lain yang tidak diganti sampai rusak total ? Ya, Anda bisa saja memaksa menggunakan alat – alat itu dalam jangka waktu empat bulan lagi, tetapi berapa biaya pengeluarannya ?

Ketika mendapatkan resiko kehilangan omset ditambah biaya perbaikan darurat lebih besar daripada sisa umur yang mungkin terjadi pada komponen yang seharusnya diganti, sudah saatnya anda harus menjadwalkan pembaruan pemeliharaan secara optimal.

Berikut saya asumsikan. Masukkan angka yang lebih akurat untuk operasi Usaha Cuci Mobil anda.

  • Biaya Terkait Dengan Selang – Selang Hidrolik :

Omset yang didapat dari hasil mencuci selama sehari: Rp. 20.000.000 ,-

Bagian dan tenaga kerja untuk memperbaiki: Rp. 8.000.000 ,-

Kemungkinan insiden ini akan terjadi dalam enam bulan terakhir masa pakai selang hidrolik yang diharapkan: 20 persen

Nilai ganti rugi yang diharapkan dari selang yang rusak (biaya × resiko): Rp. 2.800.000 × 0,20 = Rp. 5.600.000 ,- .

  • Biaya Penggantian Selang Sebelum Rusak :

Enam bulan kehidupan layanan yang mungkin Anda berikan: Rp. 600.000 ,-

Bagian dan tenaga kerja untuk penggantian selang yang sudah direncanakan: Rp. 3.000.000 ,-

Total biaya untuk memasang selang baru: Rp. 3.600.000

Karena Rp. 5.600.000 ,- dari nilai moneter yang diharapkan untuk risiko lebih besar dari Rp. 3.600.000 dalam biaya perawatan yang direncanakan, pemeliharaan harus dilakukan. Hukum probabilitas mengatakan Anda akan menghemat sekitar Rp. 2.000.000 ,-.

 

4. Beli Peralatan Dan Produk Yang Membuat Perawatan Menjadi Lebih Mudah Dan Efisien

Jika anda berpikir bahwa mempertahankan peralatan Anda yang sudah mulai rusak merupakan masalah yang besar atau tidak terbayar dari hasil kerja keras anda, mungkin karena peralatan anda rentan sekali terhadap kerusakan.

Saat membeli sistem, tanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah itu menggunakan stainless steel atau bahan non-korosif lainnya di tempat-tempat kritis ?
  • Apakah bagian yang bergerak memiliki penyerapan kejutan yang tepat, sehingga silinder, bumper dan baut tidak keluar secara prematur?
  • Apakah ketebalan dan berat bahan cukup kuat untuk bertahan?
  • Apakah desain mesin dibuat untuk mempertahankan banyak kerjaan ?

Selain itu, Anda dapat membuat perawatan Anda lebih mudah dengan dua jenis produk. Pertama, pertimbangkan untuk menggunakan perekat rekayasa lainnya untuk membantu baut dan sekrup tetap di tempatnya meskipun ada getaran. Kedua, gunakan pelumas yang berkualitas untuk menjaga pengencang dan bagian lain yang berdekatan agar tidak membeku. Perekat dan pelumas yang tepat dapat mengurangi waktu perawatan dan perbaikan alat anda.

pf button both Pemeliharaan Bisnis Usaha Cuci Mobil Agar Profit Maksimal