0 items - Rp0 Keranjang

Penggunaan Kompresor Udara, Dan Cara Perawatanya

Kompresor Udara merupakan alat mekanik yang berfungsi untuk menghasilkan udara yang memiliki tekanan dengan teknik memampatkannya. Mesin kompresor udara / angina banyak digunakan diberbagai banyak bidang,laksana bidang industri, medis, dan juga dipakai dalam perangkat alat elektronik lokasi tempat tinggal (contohnya: kulkas dan ac).

Namun, bila dipakai secara terus menerus tanpa menyimak aspek kebersihannya dan keamanannya, kompresor dapat mengalami kerusakan yang cukup parah. Berikut ini hal yang harus diperhatikan dalam perawatan dan pemakaian kompresor yang baik dan sesuai prosedur yang efisien.

Matikan Kompresor Jika Sudah Tidak Dipakai
Ada waktu 168 jam dalam seminggu, tetapi nyaris semua sistem kompresor yang dijalankan terus menerus hampir mendekati kapasitas waktu kerja hingga 100 jam. Mematikan kompresor anda ketika malam hari dan akhir pekan dapat meminimalisir pembebanan listrik anda hingga 20 persen.

Cek Kadar Bahan Bakar Pada Kompresor Anda Secara Rutin
Jika kompresor anda membutuhkan bahan bakar solar, pastikan mengeceknya masing-masing komponen sebelum anda menggunakannya. Jika kadar solarnya rendah ataupun kurang, kompreosr anda dapat menyebabkan kerusakan serius pada kompresor tersebut. Setelah pemakaian selama 500-1000 jam, anda harus menganti bahan bakar kompresor dengan bahan bakar yang masih baru (fresh).

Bersihkan Air Filter
Jika air filter kompresor anda kotor, itu disebabkan kompresor anda bekerja lebih keras dan memakai lebih banyak untuk menuntaskan pekerjaannya. Anda pun akan mengalami risiko dari kompresor yang mengalami kerusakan yang cukup parah.
Periksalah seluruh filter pada kompresor anda secara tertata serta menyeluruh dan gantilah filter kompresor, andai mempunyai sejumlah debu dan kotoran. Jika anda jarang memakai kompresor, disarankan ganti air filter anda setiap 3-6 bulan.

Mengganti Unsur Separator
Elemen separator bertanggung jawab dalam menangkal pemakaian bahan bakar yang berlebihan. Tapi, bila anda tidak menggantinya secara rutin, tagihan anda akan meningkat secara drastis.
Untuk masing-masing 2 tetes PSI dalam desakan separator, tagihan anda dapat meningkat sejumlah 1%. Ini jauh lebih murah bila kamu mengganti unsur separator yang dikomparasikan membuat tagihan anda naik secara terus-menerus dari waktu ke waktu.

Cek Kebocoran Kompresor
Sebuah kebocoran udara seperempat inci pada 100 psi bakal dikenakan ongkos lebih dari $2.500 atau Rp. 33.447.455,55 per tahun. Sistem pipa yang berumur lebih dari lima tahun bisa mengakibatkan kebocoran sampai 25 persen. Hal tersebut diakibatkan karena membutuhkan energi yang menghasilkan udara yang terkompresi, masing-masing udara yang merasakan kebocoran bisa mengakibatkan keuangan terbuang sia sia. Sekitar 80 persen dari kebocoran udara tidak bisa terdengar, oleh sebab itu untuk minimalisir masalah ini, dengan menggunakan pihak service profesional dalam mendeteksi kebocoran ini barangkali menjadi sebuah kewajiban.

Periksa Drainase Air
Saluran air kondensat pada timer mesti dicocokkan secara rutin guna meyakinkan bagian ini terbuka cocok dengan kegunaannya atau tidak ter-stuck pada saat membuka. Lebih baik lagi, ganti drainase timer dengan drainase nol-loss guna menghentikan udara yang terkompresi yang terbuang.

Jaga Kompresor Supaya Tetap Bersih
Sebuah kompresor yang kotor merupakan kompresor yang bisa jadi rusak. Kompresor udara anda seharusnya tidak pernah mengalamu kebocoran bahan bakar. Jangan biarkan debu berkumpul pada pompa, motor, atau wilayah sekitar sirip pendingin.
Penumpukan debu akan menangkal jalannya ventilasi yang baik dan pelepasan panas. Menjaga kompresor anda tetap bersih , steril dan tertutup dengan benar sehingga mampu mengelola suhu dengan tepat dan menjaga pengoperasiannya secara lancar.

Berikut kami sajikan jadwal perawatan kompresor dengan tabel sederhana tapi krusial dalam perawatan kompresor udara, menurut CV IKAME, Produsen sekaligus supplier alat cuci mobil motor terkemuka di Indonesia.

Jadwal Pemeliharaan dan Pencegahan Secara Umum

Prosedur Harian Mingguan Bulanan Setiap Tahun
(200 jam)
Cek tingkat tekanan oli X
Periksa kebocoran oli X
Menguras air dalam tangki X
Cek suara dan getaran aneh X
Periksa semua kebocoran angin X
Periksa belt X
Periksa filter udara, bersihkan atau ganti X
Periksa katup pengaman X
Periksa belt jika perlu X
Periksa dan kencangkan baut X
Periksa koneksi kebocoran X
Servis pompa atau mesin X

Silahkan tulis komentar anda !

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.